Selasa, 18 Desember 2012

Konsep Mengenai Linguistik Bagian 2



DIKOTOMI BAHASA
Ferdinand de saussure sebagai bapak linguistik modern membedakan antara langue dan parole sebagai berikut:


      ·         Langue merupakan keseluruhan bunyi yang berfungsi sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat bahasa,Suatu bahasa tertentu.

  ·      Parole merupakam realisasi dari Langue,bahasa dalam wujudnya yang nyata,yang konkret yaitu berupa ujaran.


Noam Chomsky sebagai pencetus tata bahasa transformasi.Menurut Noam Chomsky salah satu tujuan dari penelitian bahasa adalah untuk menyusun tata bahasa drai bahasa tersebut.Noam Chomsky juga membedakan antara kompetensi dan performansi,serta struktur dalam dan struktur luar sebagai berikut:
     ·        Kompetensi adalah pengetahuan pendengar atau penutur mengenai bahasa mereka.disini yang menjadi objeknya adalah kompetensi.
     ·        Performansi adalah aktualisasi bahasa.Maksudnya pemakaian bahasa itu sendiri dalam keadaan sebenarnya atau dalam kehidupan nyata.
    ·        Struktur dalam(Deep Structure) adalah struktur yang dianggap mendasari kalimat yang mengandung informasi yang diperlukan untuk interpretasi sintaksis dan semnatiknya.
    ·        Struktur luar(Surface Structure) adalah struktur yang tampak pada tutur nyata yang menggambarkan urutan bunyi,kata,frasa,dan kalimat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar