Selasa, 18 Desember 2012

Konsep Mengenai Linguistik Bagian 1

Hakikat Bahasa adalah Suatu konsep yang mendasar tentang bahasa.

Penjelasan mengenai beberapa hakikat bahasa:
 
 ·     Bahasa adalah bunyi
Bunyi adalah pesan dari pusat saraf bagai akobat dari gendang telinga yang bereaksi karena perubahan-perubahan dalam tekanan udara.Lalu,yang dimaksud bunyi pada lambang bahasa atau termasuk lambang bahasa adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.Tetapi tidak semua bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia termasuk bunyi bahasa.
     ·     Bahasa itu Makna
Makna dilambangkan dengan suatu pengertian,suatu konsep,suatu ide,atau suatu pikiran yang hendak disampaikan melalui wujud bunyi bahasa yang bermakna.Lambang-lambang bunyi yang bermakna itu dalam bahasa berupa satuan-satuan bahasa yang berwujud morfem,kata,frase,klausa.kalimat,dan wacana.Namun,Karena ada perbedaan tingkatnya,Maka jenis maknanya pun tidak sama.
     ·    Bahasa adalah Lambang
Memiliki simbol untuk menyampaikan pesan kepada lawan tutur,ia berfungsi untuk menegaskan bahasa yang hendak disampaikan.
     ·     Bahasa itu Sistem
Sebagai sebuah sistem,Bahasa itu sekaligus bersifat sistemis dan sistematis.Dengan sistematis bahasa itu tersusun menurut suatu pola,tidak tersusun secara acak atau secara sembarangan.Sedangkan sebagai sistemis artinya bahasa merupakan sistem tunggal,tetapi terdiri juga sub-sistem atau sistem bawahan.

      ·     Bahasa itu Arbitrer
Arbitrer diartikan pula dengan tidak adanya hubungan wajib antara lambang bahasa dengan konsep atau pengertian yang dimaksud lambang tersebut.

     ·     Bahasa itu Konvensiaonal
Semua anggota masyarakat bahasa itu mematuhi bahwa lambang tertentu digunakan untuk mewakili konse yang diwakilinya.Jika bahasa menjadi tidak bisa dipahami oleh penutur bahasa indonesia yang lainnya berarti dia telah keluar dari konvensi tiu.Bahasa meruapakan hasil kesepakatan bersama.
     ·      Bahasa itu Unik
Unik artinya memiliki ciri khas yang spesifik yang tidak dimiliki orang lain.Ciri khas ini bisa menyangkut sistem bunyi,sistem pembentukan kata,sistem pembentukan kalimat,atau sistem-sistem lainnya.Keunikan bahasa ialah adannya tekanan kata tidak hanya berisfat morfis,melainkan sintaksis.
     ·    Bahasa itu Universal
Dapat dibuktikan dengan adannya sifat dan ciri-ciri sama yang dimiliki oleh bahasa-bahasa didunia.Karena bahasa itu berupa ujaran,maka cir universal dari bahasa yang paling umum adalah bahwa bahasa itu mempunyai bunyi bahasa yang terdiri dari vokal dan konsonan.
     ·    Bahasa itu Bervariasi
Mengenai variasi bahasa ini ada tiga istilah yang perlu diketahui,yaitu:
1.idiolek adalah variasi atau ragam bahasa yang bersifat perseorangan.
2.dialaek adalah variasi bahasa yang digunakan sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat atau suatu waktu.
3.ragam atau ragam bahasa adalah ragam bahasa yang digunakan dalam situasi,keadaan,atau keperluan tertentu.
     
     ·     Bahasa itu Dinamis
Bahasa adalah satu-satunya kegiatan yang tidak pernah lepas dari segala kegiatan manusia sebagai makhluk berbudaya dan bermasyarakat.Dengan kata lain,bahasa tidak statis tetapi akan tetap terus berubah mengikuti kebutuhan dan tututan pemakai bahasa.
     ·     Bahasa itu Produktif
Bahasa selalu menghasilkan sesuatu.keproduktifan bahasa juga dapat dilihat pada jumlah kalimat yang dapat dibuat.keproduktifan bahasa memang ada batasnya.
     ·    Bahasa itu Manusiawi
Bahasa yang lahir alamiah oleh manusia sebagai penutur bahasa yang dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar